Resep Cara Membuat Mie Godog Jawa

Resep Mie Godog Jawa - Halo bunda, kembali Resepresepkoe menghadirkan resep masakan untuk anda. Siapa sih yang tidak kenal dengan masakan yang satu ini. Bagi anda penggemar mie, tentu tau dong dengan mie godog jawa. Ya masakan yang ini memang selalu ngangeni karena rasanya yang istimewa.

Mie Godog Jawa sangat enak dinikmati pada waktu malam hari. Apalagi dalam suasana malam yang dingin. Gerimis lagi. Wah tubuh kerasa jadi hangat ya bunda berkat mie godog ini. Di daerah pantura Jawa Tengah dan Jogja mie godog ini mudah sekali ditemukan di warung-warung tenda.

Namun ketika sedang malas keluar rumah, kita bisa juga kok memasak Mie Godog Jawa sendiri. Malahan bisa sesuai dengan selera kita. Nah untuk lebih jelasnya, berikut akan saya ulas lebih lanjut bahan-bahan apa saja yang digunakan untuk memasak mie godog ini.

Mie Godog Jawa
Mie Godog Jawa

Cara Membuat Mie Godog Jawa

Baik bunda, kuliner khas jawa ini memang menjadi primadona bagi penggemar mie godog. Dengan campuran telur dengan tambahan daging ayam suwir dan bakso, rasa Mie Godog Jawa kian mantap.  Bagaimana proses membuatnya, yuk simak dibawah ini bunda.

Bahan Mie Godog Jawa

  • 250 g mie lomie, seduh
  • 2 btr telur, kocok lepas
  • 100 g dada ayam, rebus, suwir-suwir
  • 5 btr bakso sapi, iris kasar
  • 100 g kol, iris kasar
  • 5 btg caisim, potong-potong
  • 1/2 sdt kaldu ayam bubuk
  • 1 btg daun bawang, iris miring
  • 1 L kaldu ayam
  • 2 sdm minyak untuk menumis
Bumbu halus :
  • 8 btr bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 3 btr kemiri sangrai
  • 1 sdt ebi sangrai
Kekian goreng :
  • 100 g udang giling
  • 25 g tepung terigu
  • 25 g tepung sagu
  • 1 btr telur
  • 1 btg daun bawang, iris halus
  • 1/2 sdt garam

Proses Membuat Mie Godog Jawa

  1. Kekian : Aduk rata semua bahan kekian. Sendokkan adonan ke dalam minyak yang sudah dipanaskan. Goreng hingga matang dan kecokelatan. Angkat. Potong-potong. Sisihkan.
  2. Tumis bumbu halus sampai harum. Sisihkan dipinggir wajan. Masukkan telur. Aduk sampai berbutir kasar. 
  3. Masukkan kol dan caisim. Aduk setengah layu. tambahkan ayam, garam dan merica. Aduk rata.
  4. Tuang kaldu ayam. Masak sampai mendidih. Masukkan mie, kekian dan daun bawang. Aduk rata. Masak sampai mendidih kembali. 
Demikian bunda cara memasak Mie Godog Jawa yang lezat. Mudah kan. Silahkan dicoba bunda. Resep tersebut bisa disajikan untuk 3 porsi. Nantikan juga resep masakan lainnya di blog masakan Resepresepkoe. Salam maknyusss.....
Mau coba resep spesial lainnya? Silahkan coba juga resep dibawah ini

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Cara Membuat Mie Godog Jawa