Resep Soto Lamongan - Hallo bunda, memasak memang menjadi suatu aktivitas yang menyenangkan ya. Gimana bunda mau masak apa hari ini? Kalau yang seger-seger sepertinya enak ya. Baik untuk menambah referensi bunda, kali ini saya mau berbagai resep masakan mengenai soto.

Masakan yang satu ini memang sudah dikenal di seantero nusantara. Namun tentunya setiap daerah mempunyai resep yang berbeda. Dan salah satu yang akan kita bahas adalah bagaimana cara membuat soto lamongan.

Baik bunda, kali ini saya akan berbagi resep untuk membuat soto lamongan. Untuk itu alangkah baiknya kalau kita persiapkan dulu bahan-bahan yang dibutuhkan untuk memasak. Bunda tidak perlu kuatir karena bahan serta bumbu dapurnya mudah sekali didapatkan di pasar tradisional.

Soto Lamongan

Resep Soto Lamongan

Cara Membuat Soto Lamongan

Untuk membuat soto lamongan kita membutuhkan daging ayam sebagai bahan utama. Selain itu ikan bandeng juga dibutuhkan untuk menambah sedapnya soto khas lamongan ini. Jangan lupa bunda siapkan juga minyak goreng yang akan dipergunakan untuk menumis bahan-bahan yang ada. 

Bahan Soto Lamongan

  1. 1 ekor ayam kampung, potong 4 bagian
  2. 3 l air
  3. 4 btg serai, memarkan
  4. 10 lbr daun jeruk
  5. 3 sdm garam
  6. 1 1/2 sdm gula pasir
  7. 1/2 sdt merica bubuk 
  8. 3 sdm minyak untuk menumis
  9. 1 bh ikan bandeng presto, goreng, blender halus
  10. 2 sdm minyak untuk menggoreng
Bumbu halus
  1. 10 bh bawang merah
  2. 5 siung bawang putih
  3. 5 btr kemiri, goreng
  4. 4 sdt ketumbar
  5. 3 cm kunyit bakar
Pelengkap
  1. 200 gr sohun, rendam
  2. 150 gr taoge, seduh
  3. 6 bh telur rebus, belah dua
  4. 6 btg daun seledri, iris halus
  5. 6 sdm bawang goreng
  6. 4 bh jeruk nipis, potong-potong
  7. 12 sdm kecap manis
  8. 12 porsi nasi putih

Proses Membuat Soto Lamongan

  1. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, serai, dan daun jeruk hingga harum. Tambahkan ayam. Aduk rata sampai sayam berubah warna.
  2. Masukkan air, masak hingga matang dan berkaldu. Tambahkan garam, gula, dan merica. Angkat ayam, tiriskan. Ukur kaldunya hingga 2,5 liter. Rebus kembali.
  3. Tambahkan bandeng halus, masak hingga mendidih.
  4. Ambil ayam. Potong tipis dan lebar, sisihkan.
  5. Sajkan soto bersama ayam, serbuk koya, dan pelengkapnya.
Bagaimana bunda, mudah sekali kan? Silahkan dicoba loh, rasanya enak sekali. Sajian ini cocok untuk dihidangkan ketika berkumpul bersama keluarga besar maupun ketika ada kumpulan seperti arisan. Semoga resep soto lamongan ini menambah referensi bunda dalam membuat masakan untuk keluarga. Salam maknyuss bunda...
 Mau coba resep spesial lainnya? Silahkan coba juga resep dibawah ini