Resep Sambal Goreng Terung - Selamat pagi bunda, akhir pekan biasanya cukup santai ya. Untuk mengisi waktu luang saya kembali menghadirkan resep masakan yang tidak kalah lezat dari menu sebelumnya. Kali ini bahan utamanya adalah terung.

Untuk penyuka masakan pedas, Sambal Goreng Terung sangat cocok untuk dijadikan pelengkap menu makan siang nanti. Apalagi disertai teri nasi yang membuat rasanya menjadi lebih sedap. Membayangkan rasanya saja sudah enak ya bunda :)

Yuk daripada semakin penasaran dengan Resep Sambal Goreng Terung alangkah baiknya kalau kita simak satu persatu apa saja yang dibutuhkan untuk membuat menu masakan tersebut. Oiya sekedar mengingatkan kalau yang akan kita masak terung ungu ya bunda.


Sambal Goreng Terung
Resep Sambal Goreng Terung

Cara Membuat Sambal Goreng Terung

Bahan utama yang perlu bunda siapkan adalah terung ungu. Jenis ini dapat dengan mudah bunda dapatkan dipasar tradisional. Jangan lupa teri nasinya, karena ini yang akan membuat sambal goreng terus menjadi sedap. Yuk bunda kita simak cara membuat selengkapnya.

Bahan Sambal Goreng Terung

  1. 3 bh terung ungu, belah dua, potong tebal 1 cm
  2. 50 g teri nasi, goreng
  3. 8 bh mata petai, iris panjang
  4. 2 lb daun salam
  5. 2 cm lengkuas, memarkan
  6. 3 bh cabai merah besar, buang biji, iris tipis
  7. 1 sdt garam
  8. 1 sdm gula merah sisir
  9. 500 ml santan dari 1/2 btr kelapa
  10. 3 sdm minyak goreng untuk menumis
Bumbu halus
  1. 4 bh cabai merah besar
  2. 3 bh cabai merah keriting
  3. 8 bh bawang merah
  4. 4 siung bawang putih
  5. 3 btr kemiri, sangrai
  6. 1/4 sdt terasi, bakar

Proses Membuat Sambal Goreng Terung

  1. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, daun salam, lengkuas, petai, dan cabai merah besar sampai harum. Tambahkan terung. Aduk sampai setengah layu.
  2. Masukkan garam, gula merah, dan santan sambil diaduk sampai matang.
  3. Menjelang diangkat, tambahkan teri nasi. Aduk rata.
Mudah sekali bukan? Untuk memasaknya sambal goreng terung ini membutuhkan waktu sekitatr 50 menit. Dan resep yang saya bagikan bisa dinikmati untuk 6 porsi. Tertarik dengan resep tersebut bunda? Silahkan mencoba ya....Salam Maknyus....
Mau coba resep spesial lainnya? Silahkan coba juga resep dibawah ini