Resep Peyek Tempe - Apa kabar bunda? Lagi bersantai bersama keluarga? Kalau pas lagi ngumpul enak ya rasanya kalau sembari menikmati cemilan. Makanan ringan yang murah meriah, namun bisa dinikmati rame-rame. Dan untuk membuatnya pun bunda tidak akan menemukan kesulitan dalam mencari bahannya. Baik bunda, kembali Alfira kan berbagi resep masakan yang bisa bunda coba.

Tempe yang terbuat dari kedelai sudah menjadi makanan khas bagi kita. Cara pengolahannya pun bisa bermacam-macam. Bisa digoreng saja maupun dipergunakan untuk pelengkap sayur lodeh. Namun kali saya akan berbagi resep untuk membuat Peyek Tempe sebagai makanan cemilan untuk keluarga bunda. So pasti renyah dan enak loh bunda.

Diwaktu senggang, bunda bisa mencobanya membuat peyek tempe ini. Bahan-bahan yang dipergunakan sangat mudah dijumpai di warung belanja maupun dipasar-pasar tradisional. Resep peyek tempe ini saya ambil dari tabloid nyata yang sudah teruji. Jadi bunda tidak perlu kuatir ketika peyek tempe ini jadi tentu sesuai dengan hasilnya.

Peyek Tempe

Cara Membuat Peyek Tempe

Tempe menjadi bahan utama dalam membuat peyek tempe. Selain itu sebegai pelengkap bunda juga membutuhkan tepung beras, tepung sagu, kaldu, telur dan beberapa bahan lainnya yang diperlukan.

Bahan Peyek Tempe

  1. 250 gram tempe, potong bentuk korak api
  2. Minyak goreng untuk menggoreng
  3. 200 gram tepung beras
  4. 50 gram tepung sagu
  5. 1 butir telur ayam
  6. 75 ml santan kental
  7. 350 ml air
Bumbu halus
  1. 3 butir kemiri haluskan
  2. 2 sdt bawang putih halus
  3. 1 sdm ketumbar bubuk
  4. 3 sdm air kapur sirih
  5. 1 sdt kaldu bubuk
  6. 1 sdt garam

Proses Membuat Peyek Tempe

  1. Goreng tempe dalam minyak banyak dan panas hingga berwarna kuning kecoklatan dan garing. Angkat dan tiriskan.
  2. Campur tepung beras, tepung sagu, kemiri, bawang putih, ketumbar, air kapur sirih, santan, kaldu bubuk, telur, gaeam dan air, aduk rata.
  3. Panaskan minyak banyak dalam wajan. Masukkan sebagian tempe ke dalam adonan. Tuangkan 2 sendok makan adonan pada pinggir wajan, tarik kebagian samping hingga adonan melebar dan tipis. Lakukan hal yang sama hingga pinggir wajan penuh.
  4. Guyur-guyur adonan dengan minyak hingga adonan lepas dengan sendirinya. Goreng hingga garing, angkat dan tiriskan.  
Baik bunda, demikian tadi resep peyek tempe nya. Silahkan bila bunda ingin mencobanya. Salam Maknyuss Bun...


Mau coba resep spesial lainnya? Yuk baca juga Resep Pisang Goreng Karamel Almond