Resep Ketan Pisang Karamel - Halo apa kabar bunda? Masak lagi yuk. Kali ini saya akan berbagi informasi untuk membuat makanan yang berbahan utama ketan. Resep masakan selalu saya hadirkan setiap hari untuk menambah referensi bunda dalam kegiatan di dapur.

Pisang karamel mungkin sudah tidak asing lagi bagi bunda. Makanan ini mudah sekali dijumpai di warung maupun rumah makan. Namun kali ini resep yang saya bagikan lebih spesial karena disertai dengan ketan sebagai bahan utama. Sehingga Ketan Pisang Karamel akan menjadi makanan yang disukai keluarga.

Diwaktu sore atau malam hari ketika anda sedang beristirahat bersama keluarga tercinta Ketan Pisang Karamel akan menjadi makanan yang sangat pas untuk dihidangkan. Dijamin keluarga anda pasti suka karena resep ini sudah diujicoba di dapur  nova sehingga soal rasa tidak perlu diragukan lagi.  

Ketan Pisang Karamel
Resep Ketan Pisang Karamel

Cara Membuat Ketan Pisang Karamel

Dalam membuat ketan pisang karamel yang perlu bunda persiapkan adalah ketan putih sebagai bahan adonan. Selain itu, bahan-bahan lainnya untuk adonan dan topping silahkan bunda baca selengkapnya berikut ini

Bahan Ketan Pisang Karamel

Bahan Adonan
  1.  250 g ketan putih, rendam selama 60 menit
  2. 250 ml air
  3. 1/2 sdt garam
  4. 2 sdm gula pasir
  5. 2 lbr daun pandan
Topping
  1. 50 g mentega asin
  2. 100 g gula palem
  3. 1 sdm gula pasir
  4. 2 bh pisang tanduk matang, potong bulat 1/2 cm
  5. 2 sdm air lemon

Proses Membuat Ketan Pisang Karamel

  1. Topping : Lelehkan mentega asin, masukkan gula palaem dan gula pasir, aduk rata. Tambahkan pisang tanduk yang sudah dilumuri air lemon, aduk rata. Tambahkan kulit lemon parut, angkat, sisihkan.
  2. Adonan : Kukus ketan selama 10 menit atau hingga setengah matang. Masak ketan bersama air, garam, gula pasir, dan daun pandan. Aroni hingga lunak dan cairan berkurang.
  3. Kukus dalam dandang panas selama 30 menit atau hingga lunak. Angkat.
  4. Sajikan hangat dengan topping pisang karamel.
Nah, mudah sekali kan bunda. Jadi pengen bikin segera mencoba kan? Ketan Pisang Karamel ini rasanya enak banget loh. Untuk membuatnya bunda membutuhkan waktu sekitar 60 menit dan siap disajikan untuk 6 porsi. Selamat memasak ya bunda. Salam maknyuss....