Resep Cumi Asam Manis - Hai bunda, senang rasanya akhirnya saya Amanda bisa membuat blog seputar resep masakan Indonesia, selain karena memang sayang sangat hobi memasak saya juga mau share apa yang saya pernah buat selama memasak kepada bunda semua.

Nah pada resep kali ini bunda saya coba ajak untuk membuat sebuah sajian yang spesial dan cocok disajikan untuk sajian siang ataupun malam. Dikenal dengan nama resep masakan Cumi Asam Manis, sajian yang mungkin pernah anda coba tapi bagi yang belum tahu atau belum pernah mencoba disini kami pandu bunda semua.

Dalam resep ini bunda bisa sajikan resep cumi asam manis saja tanpa diberi pedas, atau diberi pedas yang tentu saja hal ini tergantung dari selera bunda. Jika bunda suka yang pedas, ya silahkan ditambah pedas tapi jika yang tidak suka pedas bisa dikurangi sedikit saja pedas pada resep cumi asam manis ini.

Cumi Asam Manis
Resep Cumi Asam Manis

Cara Membuat Cumi Asam Manis

Sebelum membuat resep cumi asam manis pedas diatas, bunda perlu menyiapkan terlebih dahulu bahan-bahannya. Sangat mudah didapatkan kok, jadi bunda bisa pergi kepasar ataupun supermarket terdekat untuk membeli bahan-bahan berikut ini:

Bahan Cumi Asam Manis

  1. 500 gram cumi-cumi segar, buang kepalanya, bersihkan dan potong bentuk cincin
  2. 1 sdm air jeruk nipis
  3. 1/4 buah bawang bombay, cincang kasar
  4. 100 ml air panas
  5. 4 siung bawang putih, haluskan
  6. 1/2 sdt garam
  7. 1/4 sdt merica bubuk
  8. 4 sdt gula
  9. 2 sdm saus tomat
  10. 1 sdm saus sambal (bisa jenis ABC atau sesuai dengan selera anda)

Proses Pembuatan Cumi Asam Manis

  1. Tumis terlebih dahulu bawang (putih dan bombay) hingga harum
  2. Masukkan cumi yang telah diiris cincin kedalam tumisan bawang
  3. Tambahkan 100 ml air panas
  4. Masukkan garam, merica bubuk, gula, saus tomat dan saus sambal
  5. Aduk cumi hingga berubah warna dan baunya harum
  6. Angkat dan sajikan

Nah, gimana mudah bukan Resep Cumi Asam Manis Enak diatas? Jika sudah mengerti caranya jadi tunggu apalagi, yuk bunda dicoba untuk disajikan siang ini untuk sajian keluarga. Buat keluarga bunda betah makan dirumah. Salam Makyusss Bunda...